Home » Kesehatan Ibu Hamil

Apa Itu Stretch Marks ?

26 March 2010 5,931 views No Comment

Stretch Marks ibu hamil, stretch marks adalah suatu hal yang sulit dihindari. Meskipun tidak semua ibu hamil mengalaminya, namun banyak wanita yang mengeluh tentang stretch marks di tubuh mereka terutama setelah melahirkan. Sebenarnya apa sih stretch marks itu?

Stretch marks adalah keadaan kulit yang rusak atau guratan yang timbul pada bagian tubuh yang mengalami peregangan kulit yang berlebihan.

Kulit terdiri dari tiga lapisan utama:

  • Epidermis: lapisan luar kulit yang membentuk penghalang sebagai pelindung untuk bagian dalam tubuh Anda.
  • Dermis: lapisan tengah kulit yang kuat, yang mendukung kulit dengan memberikan kekuatan dan fleksibilitas
  • Subcutis: dikenal juga dengan nama hypodermis, adalah lapisan kulit dalam yang terdiri dari lemak dan jaringan ikat.

Kulit yang meregang secara berlebihan dalam waktu yang singkat akan menyebabkan jaringan elastis pada lapisan dermis pecah akibat kulit yang menipis. munculnya stretch mark ditandai dengan menyebarnya pembuluh darah melalui lapisan dermis ke lapisan kulit epidermis yang menipis.

Peregangan sendiri bukan penyebab utama timbulnya stretch marks, peregangan lebih sebagai pemicu dan berpengaruh dalam menentukan tempat di mana parut akan muncul dan ke arah mana terbentuknya. Hormon adalah penyebab utama timbulnya stretch marks.

Ibu hamil, binaragawan, remaja pada masa puber dan juga orang yang mengalami kenaikan dan penurunan berat badan secara drastis, sebagian besar akan mangalami masalah ini. Karena pada tubuh mereka terjadi perubahan hormon, dimana hormon tertentu yang diproduksi secara berlebih bisa mengganggu produksi collagen dalam kulit dan menyebabkan penurunan elastisitas kulit. Stretch mark dapat terbentuk di daerah di mana elastisitas kulit rusak.

Pada ibu hamil stretch marks biasanya muncul di daerah perut, paha, pinggul dan bokong. Stretch mark pada awalnya muncul sebagai garis-garis merah dan kemudian perlahan-lahan memudar ke warna putih pucat selama beberapa bulan.

Meskipun stretch marks tidak mengganggu kesehatan, namun bentuk parut yang terlihat jelas pada kulit menyebabkan sebagian besar wanita merasa sangat terganggu terutama dalam hal penampilan. Banyak wanita telah mencoba berbagai macam cara untuk menghilangkan stretch marks dari kulit mereka, tapi karena stretch marks sangat sulit untuk dihilangkan, jadi cara yang terbaik adalah mencegah stretch marks itu muncul di kulit kita.

No related posts.

Leave your response!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.